ARTI IDUL FITRI….?


Banyak orang tahu kalau idul fitri itu artinya kembali ke bersih/fitrah. Namun, sewaktu saya mengikuti SBR (SEHARI BERSAMA ROHIS) Kalau arti idul fitri itu kembali berbuka, dalam artian ketika kita di hari raya idul fitri kita dilarang untuk berpuasa, makanya kita harus berbuka. Kalau dipikir-pikir kayaknya bener juga, coz fitri tu gak ada H nya tapi fitrah ada H nya. Beda dengan ikhlas dan mukhlis (mim-ikhlas) karena komponen hurufnya bisa dibilang sama, maka artinya pun sama. Jadi untuk kesimpulannya arti idul fitri adalah kembali berbuka.

Makna Idul Fitri pun berbeda2 bagi setiap orang. Ada yang memaknai Idul Fitri dengan banyaknya makanan enak, baju baru, banyak hadiah, saat tepat untuk pulang kampung, dll.

Merayakan lebaran benarnya tidak harus menyiapkan makanan yang enak2, beli baju baru, memberikan hadiah, dan sebagainya. Tetapi sebaliknya, kita harus memaknai arti Idul Fitri sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan melaksanakan beberapa amalan yang disunahkan, diantaranya:

PERTAMA: Menghidupkan malam Idul Fitri dengan memperbanyak beribadah, baik dzikir, sholat atau membaca al-Qur’an. Yang biasa dilakukan masyarakat adalah melantunkan kalimat takbir juga merupakan ibadah yang dianjurkan pada malam Idul Fitri.

KEDUA: Mandi dan menggunakan wewangian, memakai pakaian yang terbaik, memotong kuku yang panjang.

KETIGA: Bagi makmum sholat Idul Fitri disunnahkan agar datang ke masjid atau tempat sholat Ied dengan berjalan kaki dan berangkat pagi-pagi setelah sholat Subuh dan pulang pada jalan yang berbeda, agar dapat menemui orang banyak dan dapat meminta maaf pada orang yang ditemuinnya.

KEEMPAT: Disunnahkan makan atau pada zaman nabi dengan makan kurma dengan bilangan ganjil sebelum berangkat sholat Idul Fitri, ini memberi tanda bahwa saat itu sudah tidak lagi diwajibkan menjalankan puasa, haram hukumnya berpuasa.

KELIMA: Bertakbir selama perjalanan menuju tempat shalat dimulai dari keluar rumah sampai waktu shalat selesai.

KEENAM: Melaksanakan shalat Idul Fitri. Waktu pelaksaanaan Sholat Ied adalah setelah matahari terbit setinggi tombak hingga waktu tengah hari dan hukumnya sunnah mu’akkad. Masjid merupakan tempat yang lebih mulia untuk melaksanakan shalat Ied dibanding tempat apapun, terkecuali bila masjid sempit sehingga tidak menampung semua jamaah, maka disunnahkan di lapangan.

KETUJUH: Kebersihan jiwa yang tercipta selama ibadah puasa sebulan penuh akan lebih sempurna kalau dipoles dengan pembersihan diri dari hak-hak orang lain. Dosa kepada Allah telah ditebus dengan ibadah dan taubat selama bulan ramadhan, kini saatnya dosa kepada orang tua, teman dan saudara juga terhapuskan dengan saling meminta maaf dan saling mendoakan.

KEDELAPAN: Pada hari Idul Fitri ini juga saatnya mempererat tali silaturrahmi yang sudah terjalin dan menyambung tali silaturrahmi yang terputus. Saling mengunjungi saudara dan sahabat merupakan cara untuk meningkatkan tali silaturrahmi tersebut. Mungkin di luar hari raya kita enggan untuk berkunjung ke teman atau sahabat kita karena tidak ada alasan yang tepat, maka di hari Iedul Fitri ini kita manfaatkan untuk seling berkunjung.

KESEMBILAN: Menunjukkan rasa gembira dan bahagia kepada semua orang yang ditemui serta bersikap dermawan lebih dari hari-hari biasa. Dan masih banyak ibadah sunah yang dapat dikerjakan lainnya
تقبل الله مناومنكم .
من العاءذين والفاءزين
Mohon Maaf lahir batin.

About these ads
Categories: PESAN-PESAN DUNIA | Tags: , | 6 Komentar

Navigasi tulisan

6 gagasan untuk “ARTI IDUL FITRI….?

  1. major 31

    iya ya. bukan fitrah tapi fitri. jadi salah kali ya kalo Qta bersih lagi kayak bayi yang baru dilahirkan.

  2. rido berodi

    ok deh, kalo cuma kembali buka doang (makan) tidak ada sangkut paut dengan penghapusan dosa dan penambahan ketakwaan (QS. 2 : 183) maka sambutannya qt robah:
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Minal aakilin wal syaribiin
    Mohon Maaf nasi abisin.

  3. Ping-balik: ARTI DARI HARI RAYA IDUL FITRI…… « Navy102

  4. mamamt

    Kalau secara bahasa memang benar fitri = berbuka
    Tapi dalam makna menjalankan puasa adalah memang kita digembleng untuk bisa menahan ( puasa) dari segala hal2 yang membatalkan puasa.. jd jika memang kita bisa menahan maka Insya Alloh pelajaran yg didapat dibuklan ramadhan ..bisa kita aplikasikan kedalam hidup kita dibulan bulan selanjutnya

    Jadi Yaa Insya Alloh kita akan menuju kesucian hati jiwa dan raga .. Amiin

    wallahu alam bisshawab

  5. I like it

  6. ngomong masalah idul fitri kayaknya,komen kalian seperti anak tk aja ,ngak etis,dasar ngk tau namanya membersihkan diri,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: